Kembali ke Judul Buku

Menguak Mitos-Mitos Pembangunan – Telaah Etis dan Kritis

Judul
Menguak Mitos-Mitos Pembangunan – Telaah Etis dan Kritis
Penulis
M. Sastrapratedja, J. Riberu, dan Frans M. Parera
Penerbit
PT Gramedia, Jakarta 1986
Kategori
, ,
Arsip Tahun

Sinopsis

PEMBANGUNAN nasional yang telah berlangsung belasan tahun dan segera memasuki Abad XXI, sedang bergerak antara pelbagai mitos dan realitas, antara cita-cita dan perwujudannya. Perubahan sosial yang ditimbulkan oleh kegiatan memperbaiki mutu kehidupan, kini memunculkan masalah-masalah yang baru. Kita dituntut untuk memahami dan terus-menerus menilai keadaan dengan kata lain, mitos-mitos pembangunan perlu diatasi dan kembali sebagai tanda pemahaman kita yang mendalam atas kenyataan yang terus berubah. Bagaimana caranya meraih visi semacam itu, yang dapat dipertanggungjawabkan dari berbagai segi?

 

Menguak Mitos-Mitos Pembangunan bertujuan membantu pembaca untuk memecahkan persoalan dan pertanyaan itu. Tiga puluh karangan dalam buku ini memperkenalkan dan membahas beberapa persyaratan pokok untuk menyadari persoalan dan masalah dasar pembangunan yang manusiawi: masalah ideologi, inspirasi agama, mentalitas ilmiah, pembangunan ekonomi, strategi kebudayaan, dan etika pembangunan nasional yang kritis serta bernafaskan nilai-nilai Pancasila. Visi yang mendalam tentang pembangunan — sebagaimana ditekankan dalam buku ini dijiwai oleh semangat kebersamaan. Visi itu akan menjelma menjadi sekadar mitos-mitos bila kita tidak menggugat kesadaran kita dan menolak masukan hasil-hasil penelitian ilmiah yang bercorak multi disipliner (sekaligus disangsikan manfaat pendekatan monodisipliner). Kebersamaan sebagai nilai menduduki tempat utama dalam visi dan etika pembangunan.

 

Buku ini terutama ditujukan kepada golongan cendekiawan dan terpelajar; juga para mahasiswa, terutama dari jurusan ekonomi, ilmu-ilmu sosial, dan ilmu-ilmu kemanusiaan, yang ingin mendalami pemahaman tentang masalah-masalah pembangunan dari berbagai dimensi, termasuk dimensi etis.