Kembali ke Buku

Passing Over Melintasi Batas Agama

Passing Over Melintasi Batas Agama
Judul
Passing Over Melintasi Batas Agama
Penerbitan
PT. Gramedia Pustaka Utama Bekerjasama dengan Yayasan wakaf Paramadina, jakarta 1999
Kategori
, ,
Arsip Tahun

Sinopsis

Passing Over

Melintasi Batas Agama

 

Semua agama yang ada unik, sekaligus memiliki segi-segi persamaannya. Memang ada perbedaan yang fundamental, namun bisa jadi apa yang dipandang berbeda itu sesungguhnya hanya dalam bentuk, bukan esensi.

 

Kebenaran yang sejati (Truth) hanya satu. Orang beriman hanyalah berusaha menangkap cahaya kebenaran sesuai dengan kapasitas kemanusiaannya. Karena itu mereka yang sama-sama mencari kebenaran (the seekers of the truth) sudah selayaknya saling berdialog, saling bermurah hati, dan saling membuka diri untuk berbagi pengalaman iman. Dan memasuki pelataran agama lain atau berdialog dengan orang lain bukan berarti tersesat jalan, melainkan suatu “ziarah religius-intelektual” yang bisa memperkokoh iman seseorang. Inilah semangat passing over dalam buku ini. Bukankah kita pun akan lebih mengenal dan menghargai agama sendiri ketika berada bersama orang lain?

 

Di tengah suasana pergaulan dan hubungan antaragama yang ditengarai semakin “mengeras” akhir-akhir ini, tawaran untuk melakukan pengembaraan spiritual dan intelektual itu tampaknya menjadi tantangan dan agenda yang cukup menarik. Dan itu sudah dicontohkan terutama oleh para mistikus, kalangan pendukung filsafat perenial, para teolog, dan siapa saja yang mempunyai perhatian serius terhadap dialog antaragama dan mereka yang ingin merambah wilayah baru untuk memperoleh¬†wawasan¬†baru.