Kembali ke Judul Buku

Hamka di Mata Hati Umat

Judul
Hamka di Mata Hati Umat
Penerbit
PT. Sinar Agape Press, Jakarta 1984
Kategori
, ,
Arsip Tahun

Sinopsis

Hamka, pribadi yang mengandung arti penting dan harum namanya bagi tanah air, bangsa dan agama. Kita mengangkat namanya, bukan sekedar karena beliau seorang tokoh, tetapi lebih dari itu adalah pikiran-pikiran, ajaran-ajaran dan tingkah lakunya yang memiliki makna unggul dan kharismatik.

Untuk menggali segudang pengalaman yang telah dimiliki beliau semasa hidup, sudah tentu tidaklah cukup dengan hanya menampilkan tiga puluhan penulis saja. Kendati mereka adalah sahabat, kenalan, murid, kerabat dan anak beliau sendiri. Masih banyak, bahkan ribuan teman, kerabat, handai taulan dan saudara seiman beliau yang mungkin sekali menyimpan kenangan manis.

Namun demikian penulis dalam buku ini yang masing-masing memiliki gaya sendiri dalam mengungkapkannya dan dengan berbagai macam latar belakang yang berbeda, kiranya telah berhasil dengan baik menyampaikan kesan pribadi mereka dalam menangkap nuansa serta memori yang mampu mereka timba dari Hamka dan menjabarkannya pada masyarakat luas.

Karangan-karangan atau buah karya para penulis yang ada dalam buku ini diklasifikasikan dalam bidang-bidang dan status Hamka. Apakah sebagai pemimpin dan politisi, agamawan, sastrawan dan wartawan, di samping yang terakhir beliau sebagai manusia biasa di mata hati umat. Setiap aspek tersebut telah ditulis oleh mereka yang memang cocok dan ahli dalam bidangnya.