Kembali ke Judul Buku

Kontroversi Pemikiran Islam di Indonesia

Judul
Kontroversi Pemikiran Islam di Indonesia
Penerbit
PT Remaja Rosdakarya, Bandung 1991
Kategori
, ,
Arsip Tahun

Sinopsis

Buku ini memuat kumpulan tulisan termasuk beberapa polemik — yang berisi penelaahan tentang Islam dan yang bersangkutan dengan Islam. Semuanya ditulis oleh para pakar yang memiliki latar belakang beragam, baik dari segi budaya, pemikiran, ataupun pendidikan.

 

Dari buku ini Anda tidak dapat mengharapkan satu kesimpulan yang sama atau satu kesatuan pendapat dihasilkan oleh para penulisnya. Hal Ini disebabkan oleh beragamnya tema di samping tentunya — oleh kemajemukan latar belakang para penelaahnya tadi. Namun, justru di situlah letak daya tarik buku ini, apalagi “dibumbui” oleh polemik yang “tajam”, yang menggairahkan pembahasan tanpa perlu memperuncing keadaan. Memang bukan itu maksud penerbitan buku ini.

 

Mendengarkan pendapat yang sama dengan pendapat kita tentu berguna. Akan tetapi mendengarkan pendapat yang berbeda bisa lebih besar manfaatnya. Dengan itu kita dapat memperoleh pendapat yang lebih baik dari semula tanpa harus menyetujui sepenuhnya pendapat yang berbeda tersebut atau mempermantap pendirian kita. Bagaimana pun, hal itu pasti memperluas wawasan kita bila kita dapat mendengarkan. nya dengan pikiran yang kritis, tetapi dada tetap lapang.

 

Persatuan umat tidak selalu harus dilandasi dengan kesatuan pendapat. Tentang itu kita semua tahu….