Kembali ke Judul Buku

Menelan Cakrawala

Judul
Menelan Cakrawala
Penulis
K.H. Abdurrahman Wahid
Penerbit
Shalahuddin Press, Yogyakarta 1985
Kategori
, ,
Arsip Tahun

Sinopsis

Suksesnya pembangunan nasional Indonesia, pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat antara lain tergantung pada satu hal, yaitu: dapatkah dunia kampus di  Indonesia memproduksi sarjana-sarjana yang punya integritas, punya karakter dan berorientasi pada kesejahteraan bersama sesuai tuntutan Tuhan?

Sarjana yang punya integritas, punya karakter dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat bersama ini hanya dapat diciptakan jika selama belajar di bangku kuliah, ia diguyur pula dengan nilai-nilai luhur yang bersumber pada agama.

Kegiatan semacam Ramadhan on Campus yang berlangsung di UGM dan berbagai kampus lain memang dimaksudkan sebagai saranya penyiram ruhani calon-calon sarjana dengan nilai-nilai keagamaan (islami) yang pasti memberi pertimbangan dunia maupun ukhrawi yang lebih mendalam.

Dalam kegiatan tersebut muncul berbagai gagasan, baik yang dilontarkan oleh pembicara maupun para peserta diskusi dan pihak lain yang terlibat.

buku ini memuat gagasan Dr. Amien Rais MA., Prof. Dr. Mubyar Chirzin, Prof. Dr. Siti rahayu Haditono, Dr, Kuntowijoyo, Drs. M. Habib Mardjati Supadjar, Dr. Kuntowijoyo, Dr. Ir. Hidayat Nataatmadja, Abdurrahman Wahid, Drs. Damardjati Supadjar, Dr. Ahmad Syafii Maarif dan Ir. RHA. Syahirul Alim Msc. yang disampaikan pada berbagai kesempatan dlam acara keagamaan di kampus UGM Yogyakarta.

Gagasan mereka bermula dari Ruh yang sama, yakni ruh Islami. Mereka merentang gagasannya memasuki alam realit7as kehidupan dan berdialog disana, kemudian semakin matang ketika mereka bersikap. tentusaja sikap yang positif, sikap yang menawarkan alternatif, bukan yang mengunci kemungkinan.