Kembali ke Judul Buku

Menumbuhkan Sikap Religius Anak-Anak

Judul
Menumbuhkan Sikap Religius Anak-Anak
Penulis
Y.B. Mangunwijaya
Penerbit
PT. Gramedia, Jakarta, 2020 (cetakan ke-2)
Kategori
, ,
Arsip Tahun

Sinopsis

Menumbuhkan Sikap Religius Anak-anak

Dalam hali para orang tua timbul pertanyaan tentang cara-cara manakah yang harus digunakan untuk menumbuhkan sikap religius yang tepat pada anak-anak mereka. Dari pengalaman para orang tua ternyata sikap religius anak-anak tidak seirama dengan sikap religius mereka. Lalu dari mana dimulai usaha menumbuhkan sikap religius anak-anak?

 

Bertolak dari pandangan-pandangan psikologi agama dan filsafat agama yang ditekuni oleh para ahli pendidikan religiositas, buku ini menyajikan beberapa pokok pemikiran tentang cara-cara terbaik menumbuhkan sikap religius anak-anak Pengarang, Y B. Mangunwijaya, seorang penulis terkenal, sastrawan, cendekiawan, dan tokoh agama terkemuka berkeyakinan bahwa langkah awal dari usaha yang mulia ini dimulai dari usaha orang tua untuk memahami perbedaan besar antara manusia agamawan dan manusia religius. Dari pemahaman ini dapat dihasilkan suatu program kerja untuk mempersiapkan anak-anak sebagai pejuang kerukunan agama pada waktu yang akan datang Kedewasaan sikap religius merupakan syarat penting untuk suatu kerukunan agama di masyarakat Selain mengajarkan kepada anak-anak paham-paham yang benar tentang tugas-tugas rutin, citra Allah, dianjurkan untuk membina hubungan dialogal yang terus-menerus antara orang tua dan anak Kepekaan hati nurani anak terhadap persoalan-persoalan kehidupan dapat diasah, kalau situasi dialogal antara orang tua dan anak tetap dipelihara Hati nurani yang bernyata akan melahirkan para pejuang, pembaru kehidupan kemasyarakatan.

 

Buku ini bermanfaat bagi para orang tua, yang menyadari tugasnya sebagai pendidik anak-anak dalam usaha mendidik mereka menjadi manusia utuh karena menghayati nilai religiositas