Kembali ke Judul Buku

Setahun Bersama Gus Dur – Kenangan Menjadi Menteri di Saat Sulit

Judul
Setahun Bersama Gus Dur – Kenangan Menjadi Menteri di Saat Sulit
Penulis
Moh. Mahfud MD
Penerbit
PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, April 2010 (cetakan ke-1)
Kategori
, ,
Arsip Tahun

Sinopsis

Ketika pada tahun 2000 Presiden Abdurrahman Wahid mengangkat Mohammad Mahfud MD menjadi Menteri Pertahanan, banyak yang ragu dan pesimis atas kemampuannya, tetapi Gus Dur mengatakan bahwa profesor muda ini akan mampu mengemban tugasnya.

Ternyata, setelah menduduki jabatan menteri, Mahfud menjadi politisi-akademisi yang fenomenal. Sepak terjang dan pernyataan- pernyataannya merupakan perpaduan antara sikap akademisi yang jernih dan politisi yang lincah dan lugas. Gaya bicaranya tenang tetapi selalu nalar, tajam dan berani. Sangat loyal terhadap Gus Dur tetap tetap kritis sehingga sering dijuluki sebagai “peluru tak terkendali dari kabinet Gus Dur.

Buku ini memaparkan pemikiran, penafsiran, dan reaksi Mahfud terhadap apa yang dilihat dan dialaminya selama satu tahun menjadi menteri pada Kabinet Persatuan Nasional yang dipimpin oleh Gus Dur, mengungkap fakta tersembunyi, terutama seputar pergulatan politik yang keras antara Presiden Gus Dur dan DPR, dan juga segi-segi manusiawi dari seorang Gus Dur yang penuh humor, setia kawan, egaliter, temperamental, kokoh pendirian, serta hubungannya dengan dunia langit dan poros Langitan. Mahfud juga mengurai visi, misi, dan konsepsi dunia pertahanan, paham kenegaraan, paradigma baru pembangunan hukum, dan solusi alternatif untuk memotong hambatan dilematis dalam menyelesaikan masalah hukum di Indonesia.

Disajikan dengan gaya bertutur yang mengalir lancar, namun dengan argumen-argumen yang ditampilkan dengan logis dan jujur, inilah karya yang unik yang ditulis dengan semangat subyektif tetapi tersaji dalam gelora dan tanggung jawab obyektif. Gus Dur mengatakan buku ini sebagai “Uraian Historis tapi Obyektif”.