Kembali ke Judul Buku

H. Djaelani Hidayat – Dari Tukang Sortir Pos Sampai Menteri

Judul
H. Djaelani Hidayat – Dari Tukang Sortir Pos Sampai Menteri
Penulis
Tatang Sumarsono, Ramadhan S. H
Penerbit
PT Pos Indonesia, 2002
Kategori
, ,
Arsip Tahun

Sinopsis

DJAELANI HIDAJAT lahir di Padalarang, 16 Juni 1937, anak sulung dari pasangan R.H. Ukon Musthofa dan Siti Satiah. Ayahnya asli orang Plered, Pur- wakarta, sedangkan ibunya berasal dari Cirebon.

Masa kecil Hidajat banyak diwarnai dengan keprihatinan, berhubung kondisi ekonomi keluarganya pas-pasan saja, tapi ia mampu menamatkan SMP Negeri Purwakarta.

Tahun 1955, setelah meng- antongi ijasah SMP, Hidajat bekerja di Kantor Pos Besar Bandung, mula-mula ditempatkan di bagian sortir pos. Lagi-lagi Hidajat harus berjuang keras untuk melanjutkan pendidikan ke SMA swasta yang jadwal belajarnya berlangsung sore hingga malam hari, setelah bubar kantor. Kemudian ia melanjutkan kuliah ke Unpad, hingga akhirnya lulus sebagai

Sarjana Akuntansi, tahun 1972. Ketika masih mahasiswa, ayah dari lima anak ini pernah menjadi guru SMA, di tempat dulu ia sekolah, dan kemudian diangkat menjadi direkturnya.

Di lingkungan kerjanya, Perum Pos dan Giro yang kemudian berganti nama menjadi PT Pos Indonesia, Hidajat pernah menjabat Kepala Bagian Pembukuan dan Pengawasan Anggaran, Kasubdit Penyusunan Anggaran dan Pengawasan Pelaksanaan Anggaran, Kapuslitbang, Direktur Keuangan (selama dua periode), dan Komisaris. Semasa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, Hidajat mendapat kepercayaan menjadi anggota kabinet, sebagai Menteri Pariwisata dan Kesenian.