Kembali ke Judul Buku

Partai Untuk Rakyat

Judul
Partai Untuk Rakyat
Penulis
H. Idham Cholid
Penerbit
LP2KS DKW PKB Jateng, September 2003
Kategori
, ,
Arsip Tahun

Sinopsis

Apa yang dimaksud dengan politik?

Politik adalah suatu upaya yang dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat

 

Apa makna politik dalam bernegara dan bermasyarakat?

Yakni, berbagai kegiatan dalam suatu sistem atau negara yang menyangkut proses untuk menentukan tujuan bersama dan melaksanakan tujuan itu.

 

Apa yang dimaksud Partai Politik?

Partai politik adalah organisasi politik yang dibentuk oleh sekelompok warga negara Indonesia secara sukarela atas dasar persamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan kepentingan anggota, masyarakat, bangsa, dan negara melalui pemilihan umum.

 

Bagaimanakah partai politik yang ideal bagi rakyat?

Yaitu, partai politik yang mengarahkan dan mengajak rakyat untuk menghayati dinamika dari proses untuk mewujudkan masyarakat yang terbuka, adil, beradab dan menghargai kemajemukan.

 

Dapatkah demokrasi berjalan tanpa partai politik?

Tidak, sebab telah menjadi mainstream sistem politik bahwa tidak ada proses politik yang dapat berlangsung tanpa keterlibatan partai politik, kecuali dalam masyarakat tradisional yang berkepemimpinan otoriter.

 

Apa arti suara rakyat bagi perwujudan demokrasi?

Demokrasi umumnya dilaksanakan dengan sistem pemilu untuk tata pemerintahannya. Dalam pemilu itu, pesertanya adalah personal warga negara dan partai politik. Dalam suatu masyarakat yang besar, rakyat memang hanya bisa memberikan pengaruh yang kecil sebagai individu, fetapi pengaruhnya sangat besar ketika mereka telah bergabung dalam partai, dan suaranya terkumpul dalam wadah partai politik.