Kembali ke Judul Buku

Zaman Baru Islam Indonesia (cover 1)

Judul
Zaman Baru Islam Indonesia (cover 1)
Penulis
Dedy Djamaluddin Malik dan Idi Subandy Ibrahim
Penerbit
Zaman Wacana Mulia, Bandung, Januari 1998 (cetakan ke-1)
Kategori
, ,
Arsip Tahun

Sinopsis

Mencuatnya Orde Baru yang cenderung pragmatis dan lebih memprimadonakan pembangunan ekonomi dinilai sejalan dengan ideologi kapitalisme dan menjadi antitesis dari ideologi komunisme. Jenis negara yang menemukan lingkungan yang ramah di alam kapitalisme ini ternyata amat berpengaruh bagi corak wacana keagamaan. Produk pemikiran Islam pun ditopang oleh perubahan perubahan realitas sosial budaya dan ekonomi politik, yang lahir pada zaman Orde Baru. Ada vang mengkhotbahkan akomodasi dengan negara sehingga memancing ledakan vulkanik emosi, nafsu dan cemooh, vang sama sekali tak menghasilkan analisis yang jernih dan objektit.

***

 

Buku Zaman Baru Islam Indonesia memuat perbincangan yang telah memancing gejolak rasa dan perdebatan di kalangan umat Islam Indonesia dewasa ini. Selain juga perjumpaan antara Islam Indonesia dengan pemikiran modern. Melalui karyanya, kedua penulis mendeskripsikan pemikiran dan aksi polink empat sosok intelektual Islam Indonesia terkemuka Abdurrahman Wahid, M. Amien Rais, Nurcholish Madjid, dan Jalaluddin Rakhmat. Zaman baru ini diyakini sebagai sinyal munculnya para intelektual Islam Indonesia yang ingin melakukan terobosan dan eksperimen pemikiran dalam berhadapan dengan proses penunggalan wacana yang berlangsung di balik ideologi developmentalisme.

 

Buku yang memperkenalkan munculnya sejarah pemikiran kritis Islam di Indonesia ini bermanfaat bagi siapa pun, karena kita semua berada pada “zaman baru Islam Indonesia” yang harus kita pahami dan hadapi.