Kembali ke Judul Buku

Gus Dur Menjawab Perubahan Zaman

Judul
Gus Dur Menjawab Perubahan Zaman
Penulis
Penyunting: Frans M. Parera, T. Jacob Koekerits
Penerbit
Penerbit Harian KOMPAS dan Gramedia Literary Agents, Jakarta, Oktober 1999 (cetakan ke-1)
Kategori
, ,
Arsip Tahun

Sinopsis

Kontroversi adalah kata yang seolah-olah telah menjadi bagian keberadaan Gus Dur dalam setiap kiprahnya. Apakah kontroversi itu akan Anda temukan dalam kumpulan pemikiran dalam buku ini? Jawabannya hanya akan Anda temukan setelah menyimak lebih dalam serta saksama Satu persatu pemikiran tokoh kita ini.

 

Apakah Gus Dur semacam misteri atau manusia yang tidak terjangkau oleh rasionalitas? Di kalangan sebagian pendukungnya terdapat anggapan seperti itu, memang tak harus diingkari. Tetapi hal ini sejatinya hanyalah menunjukkan tingkat kompleksitas lingkungan di mana Gus Dur berada yang tak mungkin bisa ditolak, Wilayah jelajah pemikiran Gus Dur untuk memasuki segala persoalan zaman dan menjawabnya, berangkat dari perjalanan hidup di dalam lingkungan dunia pesantren, dunia intelektual, politik, LSM, dan kebudayaan tersebut.

 

Oleh sebab itu, kenyataan bahwa Kiai dari Ciganjur ini, dianggap sangat menentukan dalam wacana dan kiprah politik nasional menjadi petunjuk bahwa kontroversi yang mengitarinya ternyata belum membuatnya diabaikan oleh publik, malahan menjadikannya Presiden ke-4 Republik Indonesia, tanggal 20 Oktober 1999 Untuk memahami semua itu, buku ini menyajikannya satu demi satu buah pikiran Gus Dur dalam menjawab perubahan zaman yang tengah berlangsung.